Rabu, 11 Mei 2016

Pesawat Kertas 365 Hari



Tulisan kali ini akan sedikit berbeda karena gue ga akan menumpahkan unek2 disini. tapi gue akan membahas salah satu lagu dari idol grup paling populer di muka bumi ini. lagu berjudul pesawat kertas 365 hari ini dibawakan oleh JKT48. lagu ini masuk ke dalam album kedua JKT48, Mahagita.

seperti lagu2 JKT48 lainnya, lagu ini pun merupakan versi terjemahan dari lagu yang dibawakan oleh sister grup mereka di Jepang sana, AKB48. untuk versi Jepangnya, lagu ini bisa ditemukan di single ke 42 AKB48, Kuchibiru ni be My Baby. selain di single AKB48, lagu ini juga ada di single NMB48 Amagami Hime. hanya saja untuk versi NMB48, lagu ini dibawakan secara solo oleh Yamamoto Sayaka.

oke, kembali ke topik. seperti yang kita semua tau, sampai saat ini semua lagu dari JKT48 merupakan versi terjemahan dari lagu2 milik sister grup mereka di jepang sana. makanya jangan heran dengan stigma negatif soal lagu2 JKT48. banyak yang berpendapat lagu2 JKT48 memiliki lirik yang aneh dan susah dipahami. bahkan ada fans yang juga berpendapat seperti ini.

padahal kalo bisa meresapi dan memahami lagu2 mereka, lirik2nya memiliki makna yang dalam dan indah. bahkan beberapa diantaranya bisa mengajarkan kita dalam menjalani hidup. salah satunya ya lagu berjudul pesawat kertas 365 hari ini.

lagu ini gue temukan secara ga sengaja karena jujur, meski ini lagu baru, gue sendiri udah ga terlalu intens mengikuti perkembangan JKT48 sejak 2014. masalah2 yang gue alamin belakangan memaksa gue buat menemukan penyemangat buat diri sendiri. dan lagu ini jelas mengajarkan banyak hal.

lagu ini menggambarkan bagaimana semua orang berharap hidupnya dipenuhi dengan senyuman. tapi manusia hanya bisa berharap. hidup kita tidak selalu mulus. terkadang ada batu sandungan yang tak jarang membuat kita menangis. karena itu meski disaat hidup tidak berjalan mulus dan diliputi kesedihan, kita harus tetap semangat dalam menyongsong hari esok.

di dalam lagu ini, hidup manusia digambarkan seperti pesawat kertas yang tak bisa selamanya terbang. karena itu yang dinilai bukanlah lamanya hidup manusia, tetapi bagaimana kita menjalani hidup. karena yang terpenting adalah saat menjalani hidup kita selalu mengikuti kata hati.

lagu ini juga mengajarkan kita agar saat mengalami masalah dan berada disaat2 terkelam dalam hidup, sebaiknya jangan dipendam sendiri. kita bisa mencari teman untuk curhat. karena kadang saat berada di titik paling bawah dalam hidup, kita lupa kalau masih banyak orang2 disekitar kita yang peduli. inilah yang sedang gue alami. saat berada dalam masa2 terkelam dalam hidup, gue jadi sadar kalau ternyata banyak banget orang2 di sekitar gue yang peduli ama gue.

dalam menjalani hidup ini alangkah baiknya kalau kita tetap optimis dan semangat, meski terkadang hidup kita tak selalu mulus. yang terpenting adalah menjalani hidup sesuai kata hati, berusaha mewujudkan impian2 kita. dan mengisi hidup kita dengan hal2 yang bermanfaat. karena yang dilihat bukanlah berapa lama kita menjalani hidup. tetapi bagaimana kita menjalani hidup kita.




Lirik lagu Pesawat Kertas 365 Hari

Ku tatap langit di pagi hari
Ku awali hari dengan doa
Semoga satu hari ini bisa
Dipenuhi oleh senyum

Walaupun terkadang hujan turun
Dan air mata juga mengalir
Di hari yang tak berjalan dengan mulus
Besokpun tetap semangat

Di dalam mimpiku selalu
Terlihat ada diriku sendiri
Yang dengan bebasnya melakukan semua
Hal yg ingin aku lakukan

Hidup bagaikan pesawat kertas
Terbang dan pergi membawa impian
Sekuat tenaga dengan hembusan angin
Terus melaju terbang
Jangan bandingkan jarak terbangnya
Tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Karena itulah satu hal yg penting
Slalu sesuai kata hati
Sanbyaku rokujugo nichi

Di saat terlihat bintang-bintang
Atau malam yang gelap gulita
Pada saat semangatmu hilang carilah
Orang lain dan bicara

Manusia tidaklah pernah
Ditinggal sendirian saja
Terkadang kita tak menyadari
Hal baik disekitar kita

Hidup bagaikan pesawat kertas
Terbang dan membawa cinta kita semua
Sayap yang terbantang dengan percaya diri
Dilihat semua orang
Walau tak tahu cara melipatnya
Suatu saat pasti akan berhasil lalu terbang
Kepakan harapan yang menerbangkannya
Ya.. mari nikmatilah
Sanbyaku rokujugo nichi


Hidup bagaikan pesawat kertas
Terbang dan pergi membawa impian
Sekuat tenaga dengan hembusan angin
Terus melaju terbang
Jangan bandingkan jarak terbangnya
Tapi bagaimana dan apa yang dilalui
Karena itulah satu hal yg penting
Slalu sesuai kata hati
Sanbyaku rokujugo nichi

Ayo terbanglah (coba terbanglah)
Ayo terbanglah (coba terbanglah)
Ayo terbanglah (coba terbanglah)


ini untuk lagu versi jepangnya


2 komentar:

  1. Setujuuu bro,lagu nya adem,keren tapi penuh makna,lagu jkt48 yg sejenis ini,sakurairo no sora no shita de itu kereennn dan makna nya mantap juga..

    BalasHapus
  2. Ada yang udah download versi hd nya? Di YouTube udah kehapus

    BalasHapus